Sabtu, 11 Juni 2011

THE REAL STREET ARTIST


THE REAL STREET ARTIST

    Setelah sekian lama perjalanan kuda besi  saya melintasi  jalur TB SIMATUPANG belasan graffiti atau bahkan puluhan sering saya liat dan saya nikmati tapi tak ada  mencuri mata dan membuat saya penasaran, Berbeda dari kebanyakan graffiti yang ada di jalan tersebut di sebuah jembatan di depan antam ada beberapa karya yang bisa  dibilang sangat Indonesia banget.
    Setelah sekian lama penasaran saya terjawab  dan akhirnya titik terang menemukan saya dengan sosok pembuat graffiti atau karya  tersebut dan banyak hal yang saya tidak sangka dalam pertemuan saya dengan nya. Ketika malam hari saya sedang me moto graffiti tersebut dari kegelaan bawah jembatan terdengar suara teriakan yang aga keras NGAPAIN MASSSS moto pa jawab saya, perasan dagdigduk bercampur aduk lalu keluar sosok pria setengah baya keluar dari kegelapan, lalu dia berkata ngapain mas? Moto pak, jawab saya. Dan saya menanyakan kepadanya ini yg buat siapa pak? Tanpa di sangka ternyata sosok pria setengah baya itu menjawab saya yg membuat mas ( anjing ketiban duren nih malem ini gw)

    Akhirnya saya coba bertanya tanya dengan dia, oia namanya PAK NUR PEA ,  dia telah tinggal di bawah jembatan itu kurang lebih selama 6 tahun di situ, seorang penganut kebatinan yang sudah melupakan masa-masa kehidupan pahitnya di masa lalu, dan meencoba untuk memperbaiki kesalahanya.
Di hari ini saya banyak belajar dari beliau, dari kekurangannya di masih menyisikan uangnya untuk membuat karya di jalan, bahkan untuk makan pun saya tau seorang pemulung masih kembang kempes ,tapi dia ikhlas menyisikan untuk berkarya tanpa pamrih.
    Pria kelahiran tahun 1955 secara otodidak mengasah potensi seni dalam dirinya, mulai menggambar di atas becak sampai belakang truk, Dan dilihat dari karyanya yang saya temui di jl TB Simatupang sangat melebih dari pendidikan bangku sekolah yg di tempuhnya pada waktu itu hanya sampe kelas 4 SD. Banyak dari teman temanya sesama pemulung bertanya tak tau apa tujuan dari Pak Nur,Pak nur dengan santai menjawab ini bukan buat lo tapi buat orang orang gede yag di sono noh.  dan dari karya karyanya pula sangat berbicara permasahan social politik di negri ini bebebekalkan radio butut dia dapat merasakan permasahan yg di hadapi negri ini  dan menuangkan kegelisahan kegelisahnya dalam karya karyanya yang membuat kita berpikir jauh kedepan, aktifitas yang di lakukan pak Nur dalam berkarya di ruang publik tidak semulus sutra yang di pakai para permaysuri, terkadang pihak pihak seperti POL PP pun menghampiri kegiatan yang di lakukan tapi pak Nur tak pernah lari ataupun bersembunyi dia berani bertangggung jawab atas apa yang di lakukanya,
Sosok bersahaja itu masih bertahan dengan keyakinanya intelektual itu jangan hanya sampai  di dalam buah pikir kita melainkan harus berada di dalam hati.

Bujangan Urban
  















more foto and artwork visit: http://www.flickr.com/photos/63478718@N03/sets/72157626809902281/




















4 komentar:

  1. Bagus banget blay judulnyaa The Real street artist....
    Salut sekaligus Tonjokan di muka malu...Bagi yang suka buat tag' tag' Ego dengan nama mentereng yang ga ada guna..harusnya punya Malu tuh sama bapak ini...

    BalasHapus
  2. hha.. keren.. Indonesia banget..
    street artist sesungguhnya doi..

    BalasHapus
  3. great words by you dan great art by pak nur pea

    BalasHapus

HTML/JavaScript

html